07 April 2008

Perjalanku (2)

Setiap perjalanan
selalu menjadikan waktu evaluasi bagi diriku…
Karena di sana aku dipaksa untuk duduk & berdiam diri…
Berbeda dengan keseharianku
yang hampir tak pernah bisa diam
dengan semua aktivitasku…
Dalam sebuah perjalanan…
Jika aku tak bisa tidur…
aku tak bisa pula
berkutat dengan computer atau buku
Seperti keseharianku…..

Mau tak mau
aku harus memperhatikan sekelilingku…
Namun, dari situlah
aku bisa mengambil berbagai macam pelajaran
Yang hampir tak kutemui sehari-hari….
Di mana aku bisa berkaca
Kepada setiap perilaku orang yang beraneka macam…

Orang-orang yang sudah asik dengan dirinya sendiri,
karena sudah nyaman dengan tempat duduknya…
Orang-orang yang masih sibuk mencari tempat duduk,
Baik untuk dirinya sendiri atau untuk keluarga/temannya…
Dan ketika kereta telah penuh…
Kita akan bisa dengan jelas melihat
Mana orang-orang yang benar-benar baik hati
Yaitu orang orang yang mau berbagi dengan orang lain
Meski dia tidak mengenal orang tersebut…
Dan ada pula orang-orang yang egois…
Orang-orang yang mau enaknya sendiri…
Acuh tak acuh dengan keadaan sekelilingnya…
Ada pula orang yang berpura-pura tertidur
Di kala ada orang lewat di depannya dengan segala kerepotannya membawa barang-barangnya

Kemudian para pedagang asongan yang lewat…
Betapa mereka bekerja keras untuk meneruskan kehidupan…
Begitu juga dengan para pengamen…
betapa masih terbelakangnya negeri ini…
sebuah potret kemiskinan
yang tergambar hampir di setiap stasiun, terminal maupun pelabuhan
entah itu kemiskinan structural atau cultural…
namun yang jelas sangat mudah ditemui di negeri ini…
(azizie,210907)

No comments:

Post a Comment