15 March 2008

Perjalananku (1)

Setiap kali kudengar suara kereta api yang lewat…
Setiap kali pula hati ini merindu akan sebuah perjalanan

Bukan….
Bukan sekedar karena hobi…
Bukan karena keinginanku
menjelajah setiap pelosok dari bumi ini…
Bukan pula karena tempat tujuan yang sangat menarik hati…

Dari setiap perjalanan yang kulalui itu…
Hal yang paling kurindukan adalah
Perjalanan itu sendiri….
Karena setiap perjalanan
selalu memberikan banyak pelajaran buatku…
dalam setiap perjalan…
aku selalu menemukan hal-hal baru
yang selalu membuatku tersadar dan kembali tersadar
bahwa ilmu Allah itu tiada batasannya…
& bahwa ilmu yang kumiliki
hanyalah seperti air di ujung jari
dibandingkan dengan air di seluruh samudera….

Dalam setiap perjalanan…
Aku sering tersadar….
Ketika ada orang bertanya;
Masih jauhkah tempat tujuan?
Sampai di mana kita sekarang?
Muncul pertanyaan yang hampir sama dalam diriku…
masih jauhkan tujuan hidupku?
Sampai di mana perjalan kehidupanku ini?
Apa yang sudah aku lakukan dalam sekian tahun kehidupanku?
Sudahkan aku menjadi rahmatan lil’alamin
Seperti yang dituntunkan dalam Islam?
Sudahkan hidupku ini bermakna?
Apakah aku termasuk orang yang progresif,
Sehingga bukan termasuk ke dalam golongan yang merugi?
Ataukah sebaliknya?
(azizie, 210907)

No comments:

Post a Comment